Kamis, 27 Mei 2010

Performance Art

Performance Art
Dalam perkembangan dunia seni rupa kontemporer Indonesia dewasa ini, khususnya karya-karya yang bersinggungan dengan perkembangan teknologi, New Media Art (seni media baru) adalah salah satu contohnya. Dalam konteks seni, penggunaannya sering dipahami sebagai tawaran kemungkinan baru dalam menciptakan atau mengalami kesenian. Salah satunya adalah adanya metamorfosis performance art menjadi multimedia performance dan yang terakhir bermetamorfosis menjadi video performance. Video performance, lahir dari sejarah panjang perkembangan performance art sekitar tahun 1909 lewat manifesto kelompok Futurist di Paris yang beranggotakan penyair, pelukis, dan pemain teater, dengan menggunakan tubuh sebagai medium, performance art melakukan dematerialisasi dalam seni. Video performance dalam presentasinya, tubuh sudah tidak lagi menjadi bagian, tetapi yang hadir kemudian adalah tubuh yang virtual (maya). Kehadiran tubuh tidak benar-benar nyata, tetapi kehadirannya dapat terasa dari tampilan visual yang keluar dari projector. Di sini, performance art telah termediasi dan bermetamorfosa. Selain persoalan fusi seni dan teknologi yang mendorong metamorfosis performance art menjadi video performance seperti di atas, tulisan ini juga membahas aspek-aspek sosial seiring kemunculan dan perkembangan performance art di Indonesia. Pertama performance art sebagai seni penyadaran dan perlawanan dengan mendekonstruksi realitas sosial dan kemapanan seni rupa itu sendiri. Kedua adanya fenomena ambient media dalam praktik periklanan global (termasuk Indonesia) yang membelokkan arah perjuangan ”genue” performance art dari media penyadaran menjadi seni ”kitsch” sebagai ujung tombak periklanan untuk kepentingan pasar.


Istilah "Performance Art dikenal pada tahun 1960-an di Amerika Serikat. Istilah ini pada awalnya digunakan untuk menggambarkan setiap peristiwa yang artistik dalam hidup seperti penyair, musisi, pembuat film, dll - di samping seniman visual.

Perlu dicatat bahwa, walaupun kita mengacu artian performance art pada tahun 1960-an di sini, tetapi arti Performance Art disini adalah ertunjukan hidup, khususnya, meshed puisi dan seni visual. Bauhaus Jerman, didirikan pada 1919, adalah sebuat teater untuk mengeksplorasi hubungan antara ruang, suara dan cahaya. The Black Mountain College (didirikan di Amerika Serikat] oleh instruktur Bauhaus tetapi diasingkan oleh Partai Nazi, selain itu juga ada "Beatniks" - stereotip: rokok, kacamata hitam dan baret hitam, cukup terkenal sekitari akhir 1950-an dan awal 1960-an. Meskipun istilah performance art belum diciptakan, namun semua ini adalah pelopor dari Performance Art.
Tahun 1970, performance art adalah istilah global, dengan definisi sedikit lebih spesifik. "Performance Art" bagian dari hidup, dan bagian dari seni, tetapi bukan teater. Performance art juga berarti bahwa itu adalah seni yang tidak dapat dibeli, dijual atau diperdagangkan sebagai komoditas. Sebenarnya, kalimat yang terakhir adalah sangat penting. Kinerja seniman memperlihatkan gerakan sebagai sarana untuk mengekspresikan seni mereka langsung ke forum publik, sehingga benar-benar menghilangkan kebutuhan untuk galeri, agen, broker, akuntan pajak dan adanya aspek lain dari kapitalisme. Selain seniman visual, penyair, musisi dan pembuat film, Performance Art pada 1970-an sekarang juga mencakup tari (lagu dan tarian tetapi tetap tidak termasuk "teater").
1970-an juga merupakan masa kejayaan "Body Art" (sebuah cabang dari Performance art), yang dimulai pada 1960-an. Dalam Body art, anggota tubuh (atau tubuh orang lain) merupakan kanvas atau medianya. Selain itu, tahun 1970-an juga mulai bangkitnya otobiografi yang dimasukkan ke dalam bagian pertunjukan. Semacam ini bercerita jauh tetapi lebih menghibur bagi kebanyakan orang. Otobiografi juga merupakan sarana yang besar untuk menyajikan salah satu pandangan tentang sebab-sebab atau isu-isu sosial.
Sejak awal tahun 1980-an, Performance art memasukan unsur technologi didalamnya. contohnya musisi pop menampilkan performance art dengan menggunakan presentasi Microsoft ® PowerPoint sebagai bagian dari performance art. Ini membuktikan bahwa performance art bias menggabungkan antara teknologi dan imajinasi. Dengan kata lain, tidak ada batasan untuk Performance Art.

Karakteristik dari performance art
• performance art adalah hidup.
• Performance Art tidak mempunyai aturan atau pedoman. Performance art murni bagian dari seni.
• performance art tidak untuk dijual. Mungkin, tetapi bagaimanapun menjual tiket dan film merupakan hak artist.
• performance art dapat terdiri dari lukisan atau patung (atau keduanya), dialog, puisi, musik, tari, opera, film rekaman, menyalakan televisi, laser lampu, hewan dan api. Tetapi semua itu tergantung dari seniman performance art sendiri.
• Dada, Futurism, Bauhaus dan Black Mountain College mereka semua adalah inspirasi dan membantu membuka jalan bagi Performance Art.
• Performance Art terkait erat dengan Conceptual Art. Baik Fluxus dan Seni Tubuh adalah jenis Performance Art.
• Kinerja Seni dapat menghibur, lucu, mengejutkan atau mengerikan. Tidak peduli yang berlaku kata sifat, semua itu dimaksudkan untuk dapat diingat oleh yang melihatnya.


Perfomance art juga merupakan sebagai bentuk perlawanan terhadap kemapanan seni yang hanyadapat dikonsumsi oleh segelintir orang kaya dan penguasa. Mereka mencoba meretas batas-batas wilayah konvensi-konvensi bentuk kesenian yang telah ada, seperti seni lukis, seni patung, seni cetak, seni musik, dan seni teater, dengan cara mencampurkan semua bentuk kesenian tersebut pada seni pertunjukan. Dengan menggunakan tubuh sebagai medium, akhirnya performance art ini seperti melakukan dematerialisasi dalam seni.

Sumber Wikipedia

3 komentar:

Sukim Hakim mengatakan...

Jadi, definisi performance art itu apa mas?

Satttan mengatakan...

Goblok

Satttan mengatakan...

Goblok